Sun. Jun 26th, 2022

Aliansi Selamatkan Malang Raya “ Tak Kan Ada Ibu Bumi Kedua “

Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 juni 2022 sekaligus mengingat konfrensi PBB tentang lingkungan hidup yang berlangsung pada 5 – 16 juni 1972 di Stockholm. Aliansi Selamatkan Malang Raya yang terdiri dari berbagai komunitas dan organisasi di wilayah Malang Raya akan mengadakan serangkaian kegiatan pada tanggal 5 – 7 juni 2022 sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup di Malang Raya.

Pada saat ini kondisi bumi khususnya Malang Raya sedang tidak baik-baik saja, ada beberapa permasalahan yang sedang dihadapi di Malang Raya :

1. Persoalan perubahan iklim dimana suhu derajat di Malang Raya mengalami peningkatan yang membuat kalender cuaca mengalami perubahan.
2. Persoalan tata ruang pembangunan yang tidak ramah lingkungan yang membuat bencana non alam semakin parah akibat buruknya pengelolaan tata ruang kota.
3. Persoalan kurangnya Ruang Terbuka Hijau dan Hutan sebagai resapan yang membuat manusia dan satwa harus beradaptasi.

Dengan adanya beberapa persoalan lingkungan hidup membuat masyarakat harus melakukan penyesuaian pola hidup dengan ruang sekitarnya. Hal ini berpengaruh pada corak ekonomi masyarakat yang bergeser akibat adanya perubahan alam sebagai sumber ekonomi. Salah satu upaya kepedulian terhadap keutuhan alam maka Aliansi Selamatkan Malang Raya mengadakan beberapa rangkaian kegiatan yang diharapkan dapat menularkan semangat menjaga alam sebagai tempat tinggal kepada masyarakat luas, adapun rangkaian kegiatan tersebut sebagai berikut :

1. Tanggal 5 juni 2022 pada pukul 10.00 WIB bertempat di Taman Merjosari Kota Malang akan dilaksanakan kegiatan Panggung Rakyat dengan kegiatan baca puisi dan publikasi climate fiction. Kegiatan diperuntukkan terbuka untuk umum dan dipersilahkan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kampanye perubahan iklim.
2. Tanggal 6 juni 2022 pada pukul 08.00 WIB bertempat di Hutan Kasinan desa Pesanggrahan Kota Batu akan dilaksanakan kegiata merawat hutan kasinan dengan melakukan penanaman dan pembersihan hutan yang telah ditanami oleh masyarakat. Serta merefleksikan kembali kondisi hutan sebagai daerah resapan di Kota Batu.
3. Tanggal 7 juni 2022 pada pukul 19.00 WIB bertempat di Mystic coffee akan dilaksanakan kegiatan Talkshow dan Deklarasi anak muda peduli Krisis Lingkungan dengan 3 pemuda yang akan bercerita tentang isu krisis lingkungan yang sedang terjadi.

Dengan adanya rangkaian kegiatan dalam Hari Lingkungan Hidup Sedunia diharapkan semua masyarakat terutama kaum muda dapat mengambil peran dalam melawan krisis lingkungan hidup yang nyata – nyata sedang kita hadapi bersama. Dengan berbagai aksi nyata dan menyuarakan di berbagai platform media diharapkan krisis lingkungan dapat menjadi keresahan bersama dan bergerak melawan krisis lingkungan secara serentak.

Kontak Person :
Lila 085648877594
Indra 082245551013
Alby 085731261803

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *